Profile

BERDIRINYA STMIK SAMARINDA

Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) SAMARINDA merupakan Perguruan Tinggi pertama di luar Pulau Jawa yang didirikan pada tahun 1989.

STMIK SAMARINDA didirikan pada akhir Pembangunan Jangka Panjang Tahap Pertama (PJPT-I). Berdirinya STMIK SAMARINDA dipelopori oleh semangat muda dalam rangka menyongsong PJPT-II dimana diperlukan sumber daya manusia yang berkualitas dalam rangka menyukseskan pembangunan.

Ide dasar untuk mendirikan STMIK SAMARINDA dilandasi oleh pemikiran pentingnya lembaga pendidikan sebagai penyedia sumber daya manusia yang berkualitas. Pendirian STMIK SAMARINDA mendapat dukungan dari KOPERTIS Wilayah VII di Surabaya melalui Surat Keputusan No. 2814/Kop.VII/Q/1989 tanggal 18 Juli 1989 yang sekaligus pada tanggal tersebut menjadi tonggak sejarah berdirinya STMIK SAMARINDA. Selanjutnya Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan dan Kebudayaan dengan Surat Rekomendasi No. 3326/D/Q/1989 tanggal 28 September 1989, mendukung berdirinya STMIK SAMARINDA. Sedangkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan dukungan melalui Surat Keputusan No. 0702/O/1989. Sehingga secara resmi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) SAMARINDA berdiri dengan Status Terdaftar pada tanggal 2 Nopember 1989 dengan Jenjang Pendidikan Strata 1 (S1) dan Diploma 3 (D3) Jurusan dan Program Studi Manajemen Informatika dan Komputer.

Berdirinya STMIK SAMARINDA ini, pada proses selanjutnya berada di bawah KOPERTIS Wilayah XI Kalimantan.

Ketua STMIK SAMARINDA sejak Tahun 1989 s/d Sekarang :

1. Drs. H. Andreas Y. S., SH. MM. (Periode 1989 - 2000).

2. Drs. H. Waris A. Husein. (Periode 2000 - 2005).

3. Drs. H. Asmuni Alie. (Periode 2005 - Sekarang).

    Kampus STMIK SAMARINDA - Jl. Banggeris No.75 (Daerah Jalan Cendana), Samarinda - Kalimantan Timur

PERKEMBANGAN STMIK SAMARINDA

Pada awal tahun 2002 STMIK SAMARINDA telah memperoleh Akreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) DEPDIKNAS untuk Program Studi Sistem Informasi (S1) dan Manajemen Informatika (D3).

Pada awal tahun 2005 memperoleh Izin Penyelenggaraan Pendidikan dari Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 145/D/T/2005 yang merupakan pengakuan Pemerintah Indonesia atas keberhasilan penyelenggaraan pendidikan di STMIK SAMARINDA, sehingga STMIK SAMARINDA dinyatakan memiliki wewenang yang sama dengan Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Indonesia.

Sejak masa perkembangan ini, STMIK SAMARINDA telah menempati Gedung milik sendiri yang terletak di Kawasan Pendidikan Jalan Banggeris No. 75 (Daerah Jalan Cendana) Kelurahan Karang Anyar, Kecamatan Samarinda Ulu, Samarinda - Kalimantan Timur.

STMIK SAMARINDA SAAT INI

Pada masa dasawarsa sekarang ini, perlahan tapi pasti STMIK SAMARINDA dengan Program Studi Sistem Informasi untuk Jenjang Pendidikan S1 (Strata 1) dan Program Studi Manajemen Informatika untuk Jenjang Pendidikan D3 (Diploma 3) melakukan beberapa pembenahan.

Untuk Sarana Prasarana Pendidikan, STMIK SAMARINDA memiliki Laboratorium Praktikum Komputer dengan Teknologi Thin Client, Ruang kuliah yang tertata rapi, tidak berdesak-desakan dan tidak berdempet-dempetan serta dilengkapi LCD Proyektor sehingga suasana proses belajar mengajar juga menjadi lebih baik, dan saat ini sedang merencanakan pengadaan Laboratorium Praktikum Networking/Hardware/Electronic.

Untuk Pelaksanaan Pendidikan, sejak Juni 2011 STMIK SAMARINDA melaksanakan Penjaminan Mutu Pendidikan dan Perguruan Tinggi yang dalam pelaksanaannya berada di bawah pengawasan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Penjaminan Mutu STMIK SAMARINDA, sehingga Pengetahuan, Wawasan dan Ke-Ilmuan yang diberikan kepada Mahasiswa sebagai Calon Analis dan Profesional sesuai dengan kondisi nyata baik untuk menciptakan lapangan kerja maupun untuk menjadi tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan pangsa kerja.

Untuk proses pengajaran, STMIK SAMARINDA memiliki beberapa Dosen (tenaga pengajar) yang berpendidikan S2 dari berbagai Disiplin ilmu, baik yang bersifat Dosen Akademisi maupun Dosen Praktisi yang dalam Proses Pengajaran memadukan antara Teori sesuai dengan Silabus dari Kurikulum yang disampaikan dengan Praktek di Kelas dalam bentuk Studi Kasus dari suatu Tugas Mahasiswa dan kondisi nyata (real) dalam Dunia Kerja baik Konsep, Pemerintahan, Business, Industri, Teknologi, Pengetahuan dan Ke-Ilmuan.

Sedangkan untuk melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, STMIK SAMARINDA selain melaksanakan Pendidikan juga melaksanakan Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat.